KEGIATAN BEAQ

Post Page Advertisement [Top]

Lakukan Pembiasaan Membaca Pada Anak Anda

Lakukan Pembiasaan Membaca Pada Anak Anda

pengenalan membaca pada anak sebaiknya wajib diberikan sejak dini. Sebab kemampuan membaca merupakan langkah awal untuk bisa melihat dunia seluas-luasnya. Membaca menjadi syarat utama saat anak mulai masuk ke masa sekolah dasar, jika anak sudah mampu membaca maka mereka akan mendapatkan kemudahan dalam menyerap pelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Para orang tua perlu membiasakan anak membaca entah itu buku dongeng, pengetahuan tentang anak sejak usia balita. 

Ada beberapa langkah untuk menjadikan anak agar terbiasa membaca buku 
Menyediakan bacaan untuk anak
Selalu sediakan bacaan untuk anak di rumah. Buku bacaan yang menarik untuk anak bisa berupa dongeng, cerita bergambar, dan ensiklopedia anak.  Karena dengan adanya buku di rumah anak akan sedikit demi sedikit terdorong untuk membaca. Sesuaikan bacaan buku dengan usia dan kejiwaan anak sehingga akan membentuk karakter anak yang positif. Jika perlu, biarkan anak memilih sendiri buku bacaan yang menurut mereka menarik.
Membaca bersama
Biasakanlah anak membaca didampingi orang tua. Luangkan sedikit waktu untuk membaca  buku bersama misalnya di sore hari atau malam menjelang tidur. Biasanya anak yang mulai gemar membaca daya pikirnya akan kritis sehingga orang tua perlu melakukan pendampingan yang intensif.
Ada beberapa ciri-ciri anak yang sudah siap untuk belajar membaca, yaitu:
1. Sudah dapat membedakan kanan dan kiri
Anak yang belum bisa membaca sulit untuk membedakan arah kanan dan kiri sehingga mereka mengalami kesulitan saat mengenali huruf yang berbentuk sama namun beda arah seperti 'b' dan 'd' dan 'p' dan 'q' .
2. Kemampuan motorik yang baik
Sebelum mulai belajar membaca dan menulis, Anak harus menguasai terlebih dulu kemampuan motorik seperti melempar bola ke atas, menggunting pola, menangkap bola dari arah berlawanan.\
3. Kemampuan memahami
Anak juga sebaiknya sudah mampu untuk membedakan bentuk baik benda, warna, huruf, bunyi, dan kemampuan menginga. Tanamkan pemahaman pada anak bahwa membaca merupakan hal yang mengasyikkan.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]